Kebangkitan Jiwa-Jiwa Kreatif dalam Suguhan KCI 2023

[Sumber foto dari panitia workshop ]

JURNALISTIK SMEK1NG – SMK Negeri 1 Ngasem menggelar kembali event tahunan KEC (Kediri Exotic Carnival) atau sekarang dikenal dengan KCI (Kostum Carnival Internasional). Kegiatan yang dibuka untuk umum ini, diadakan sebagai upaya untuk melestarikan budaya dengan mengekspresikan berbagai macam kostum. Acara ini merupakan peluang bagi para siswa untuk berkreasi dan mengekspresikan diri melalui karyanya.

Dalam pelaksanaannya, Kostum Carnival Internasional ini memiliki beberapa tahapan. Salah satunya, tahap pelatihan atau workshop. Workshop Kediri Exotic Carnival merupakan kegiatan pembelajaran dan praktek membuat kostum karnaval bertaraf internasional dengan metode TOT (training of trainer, atau pemberian materi, bimbingan dan praktek kepada calon Pembimbing atau trainer). Sebelum adanya rancangan kostum setiap kelas, selalu diadakan workshop guna memberikan materi dan bekal menganai cara membuat kostum yang benar dan bernilai estetika. “Kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahun, karena workshop KCI yg membidangi lahirnya kebudayaan Kediri Exotic Carnival. Salah satu syarat atau ciri kebudayaan adalah adanya rutinitas pelaksanaan secara turun-temurun,” tutur Bapak Samsul Dhuka, selaku pembina workshop KCI.

Workshop ini diikuti oleh perwakilan kelas 10 terpilih di setiap kelas yang nantinya akan menjadi calon pelatih atau trainer kelasnya. Sedangkan materi workshop diberikan oleh praktisi kostum karnaval bersama pegiat kostum karnaval, yaitu alumni SMK Negeri 1 Ngasem yang tergabung dalam Komunitas Kediri Exotic Carnival. Adanya workshop ini, memungkinkan siswa baru (kelas 10) untuk cepat beradaptasi dengan kebudayaan yang ada. Selain itu, kegiatan ini merupakan wadah untuk terus melestarikan budaya yang sudah terlebih dulu ada, guna meningkat kreativitas siswa/siswi SMK Negeri 1 Ngasem.

Workshop dimulai pada Jumat hingga Minggu, 10 hingga 12 Maret 2023 di aula depan SMK Negeri 1 Ngasem. Kegiatan ini diawali dari pemberian materi mengenai kostum karnaval, dilanjutkan dengan perancangan desain serta pembuatan kostum, dan diakhiri dengan peragaan atau fashion kostum karnaval. Kegiatan yang penuh dengan semangat ini dapat berjalan lancar selama 3 hari berturut-turut karena besarnya antusias para peserta dalam mengikuti tahap demi tahap kegiatan. Bapak Samsul Dhuka berharap, ”Setelah dilaksanakannya workshop ini, diharapkan perwakilan kelas atau peserta workshop segera menularkan ilmunya dan membimbing teman kelasnya untuk membuat  minimal satu kostum karnaval.”

Oleh: Lusiana Shinta Candra Kirana, Resquena Bintan Maharani, Febriyan Krisjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page