Mengenal Lebih Dalam Mengenai Kediri Exotic Carnival

[ sumber foto: Panitia KEC ]

JURNALISTIK SMEK1NG – Kediri Exotic Carnival merupakan parade fashion yang menampilkan dan memeragakan ragam busana kontemporer yang digelar di Kabupaten Kediri, dan diikuti oleh siswa-siswi SMK Negeri 1 Ngasem dan puluhan peserta dari berbagai daerah di Kediri dan sekitarnya.

Kediri Exotic Carnival lahir dan dirintis oleh SMK Negeri 1 Ngasem sejak tahun 2013. Pada tahun 2013, SMK Negeri 1 Ngasem menyelenggarakan karnaval busana yang ber-rute dari Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri menuju SMK Negeri 1 Ngasem. Konsep busana pada tahun 2013 sendiri, menggabungkan dua jenis bahan sebagai busana, yaitu naturalis dan sintetis.

Pada tahun 2014, SMK Negeri 1 Ngasem mendapatkan undangan dari Pemerintah Kabupaten Kediri dalam rangka hari ulang tahun Kabupaten Kediri. Dalam peringatan ini, SMK Negeri 1 Ngasem menjadi pemateri mengenai konsep karnaval pada tahun sebelumnya yang telah dikagumi masyarakat, serta menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah di Kabupaten Kediri untuk mengikuti karnaval kostum.

Pada tahun 2015, konsep busana Kediri Exotic Carnival adalah penggunaan dan pemanfaatan kembali limbah plastik. Pada tahun 2015 ini, kostum dibuat dari bahan limbah plastik yang telah didaur ulang sehingga memiliki nilai estetika.

Pada tahun 2016, konsep busana Kediri Exotic Carnival masih menggunakan bahan limbah plastik yang didaur ulang. Akan tetapi, tampilan busana mengalami perubahan, yaitu mulai ditambahkannya hiasan sayap pada busana karnaval.

Pada tahun 2017, konsep busana karnaval sudah beralih menjadi kostum bertaraf internasional. Pada tahun yang sama, Kediri Exotic Carnival mendapat penghargaan pada parade kostum Malang Flower Carnival. Selain itu, SMK Negeri 1 Ngasem menjadi pusat penyewaan kostum karnaval terbesar di Indonesia.

Pada tahun 2018, Kediri Exotic Carnival terus mengalami perkembangan. Pada tahun ini, SMK Negeri 1 Ngasem menjadi pemateri workshop Kostum Carnival International di SMK 17 Pare, dan menjadi peserta undangan terbaik pada Badung International Art Carnival (BIAC) di Bali.

Pada tahun 2019, SMK Negeri 1 Ngasem menjadi pemateri workshop Kostum Carnival International di SMK Negeri 3 Kediri.

Pada tahun 2022, kostum Kediri Exotic Carnival, terutama karya siswa-siswi SMK Negeri 1 Ngasem turut mendominasi dalam parade Kediri Nite Carnival.

Apa itu Karnaval?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, karnaval berarti pawai dalam rangka pesta perayaan yang biasanya mengetengahkan bermacam corak hal yang menarik dari yang dirayakan. Maka tak heran jika kita menemukan karnaval di seluruh belahan dunia tiap tahunnya, terutama ketika memperingati peristiwa besar atau merayakan berita gembira.

Asal nama “karnaval” sendiri masih diperdebatkan hingga saat ini. Terdapat salah satu teori, yang menyatakan bahwa nama karnaval berasal dari Bahasa Latin “Carrus navalis” atau gerobak kapal, yang mengacu pada gerobak dalam suatu pawai keagamaan, seperti gerobak yang digunakan dalam arak-arakan keagamaan pada perayaan tahunan untuk menghormati dewa Apollo.

Namun menurut sumber-sumber yang lain, nama karnaval bersal dari Bahasa Italia, yaitu “carne levare” yang berarti mengenyahkan daging, karena daging dilarang selama masa prapaskah. Menurut teori lain, nama karnaval berasal dari ungkapan dalam Bahasa Latin Lawas ‘Carne vale’, yang berarti selamat tinggal daging, yang menunjukkan bahwa saat tersebut, yaitu hari-hari terakhir orang boleh makan daging sebelum berpuasa selama masa prapaskah. Namun, di setiap karnaval diharapakan akan membawa kebahagiaan. Karena kebahagiaan akan menjadi awal dari hal-hal baik yang ada di dalam kehidupan kita kedepannya.

Fungsi Karnaval

  1. Sebagai tempat hiburan atau pengetahuan , karena karnaval itu seperti fashion show yang menggunakan kostum buatan sendiri , selain itu kostum tersebut  juga pastinya memiliki makna tertentu yang dapat memberikan pengetahuan tambahan kepada masyarakat.
  2. Sebagai motivasi bahwa kekreativan bisa dalam bentuk apapun contohnya kostum.
  3. Sebagai sarana edukasi kepada generasi muda.

Kediri Exotic Carnival sebagai wadah menumbuhkan jiwa seni dan kreativitas dalam bentuk peragaan kostum karnival dengan mengangkat tema-tema budaya yang dikemas apik dengan tampilan modern. Semoga pada tahun mendatang KEC akan hadir dengan parade yang lebih meriah dan dapat diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan dan kemunitas seni yang ada baik di Jawa Timur, maupun luar Jawa Timur.

Oleh: Rezquena Bintan Maharani, Qurotul A’yun, Reni Jesiska Sari, dan Febriyan Krisjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page