Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMK Negeri 1 Ngasem

JURNALISTIK SMEK1NG – SMK Negeri 1 Ngasem mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru kelas 10, Senin hingga Jumat (17-21/07/2023).

Kegiatan MPLS ini harus dilaksanakan sebagai bentuk pembekalan sebelum benar-benar masuk di lingkungan SMK Negeri 1 Ngasem, yang umumya belum diketahui oleh peserta didik baru. Awalnya, peserta MPLS dikelompokkan sesuai jurusan. Namun, ada pula masa bagi peserta untuk dikelompokkan dengan jurusan yang lain dengan tujuan untuk mengikat rasa persaudaraan, kekeluargaan dan rasa tidak membedakan antarsiswa.

Pelaksanaan kegiatan MPLS SMK Negeri 1 Ngasem tahun ini tidak sama dengan MPLS pada tahun sebelumnya. Tahun ini, jenis kegiatan yang dilaksanakan semakin bervariasi. Pada hari pertama, para peserta didik baru mengikuti upacara bendera dengan hikmat, dilanjutkan dengan pengenalan warga sekolah, pengenalan visi dan misi SMK Negeri 1 Ngasem, model dan program pembelajaran yang diterapkan di sekolah, serta pengenalan kompetensi keahlian atau jurusan. Pada hari kedua, terdapat pengenalan logo sekolah, mars sekolah, serta tata tertib atau peraturan dan kesepakatan untuk peserta didik SMK Negeri 1 Ngasem. Selain itu, peserta didik juga mendapatkan materi mengenai tata krama, narkoba, bullying, korupsi, dan radikalisme pada hari kedua ini. Hari selanjutnya, terdapat penanaman dan penumbuhan akhlak, budi pekerti serta karakter siswa, khususnya pengenalan kegiatan spiritual, seperti salat jumat bagi siswa muslim, serta kegiatan-kegiatan keagamaan yang mungkin berkaitan dengan peringatan hari besar setiap agama yang dianut peserta didik. Di hari yang sama, peserta didik juga dikenalkan dengan sarana dan prasarana yang ada di sekolah, pengenalan Kurikulum Merdeka dan Penguatan Profil Pelajar Pancasila, serta motivasi dan cara belajar efektif. Sedangkan pada hari terakhir, terdapat pengenalan mengenai Praktik Kerja Lapangan (PKL), lomba kompetensi jurusan bagi seluruh peserta didik yang diadakan tiap tahun, serta pengenalan berbagai ekstrakurikuler yang ada di SMK Negeri 1 Ngasem. Selain itu, terdapat pengenalan Bursa Kerja Khusus (BKK), yaitu lowongan kerja dari instansi-instansi yang bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Ngasem.

Kegiatan MPLS tahun ini berjalan dengan kondusif dan sesuai rencana. Menurut Aura Najwa Putri, salah satu peserta didik baru dari jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB), suasana MPLS kali ini asyik dan menyenangkan. Hanya saja, terdapat kendala kecil dalam mengoordinasikan siswa dengan latar belakang yang berbeda-beda, seperti SMP negeri, SMP swasta, maupun MTs negeri dan swasta. Sulitnya pengoordinasian ini  dikarenakan budaya tiap peserta didik baru yang beda-beda. Bapak Bambang Arief Darmawan, selaku pembina OSIS SMK Negeri 1 Ngasem, mengatakan, “Mereka (peserta didik baru) masuk SMK harus semakin disiplin dan kita harus bisa mengakomodir agar menjadi satu kata, yaitu SMK Negeri 1 Ngasem luar biasa, hebat dan luar biasa.” Penanaman karakter ini guna nantinya, ketika lulus dari SMK Negeri 1 Ngasem, siswa diharapkan harus siap bekerja di instansi, di perusahaan dan juga di dunia kerja, maka dari itu dibutuhkan alumni yang benar-benar berkualitas dan berkompeten.

Harapan Bapak Samsul Dhuka, selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMKN 1 Ngasem mengenai kegiatan MPLS Tahun Ajaran 2023/2024, “Harapan saya, MPLS ini dapat dirasakan betul oleh siswa, membuat siswa mengenal secara fisik lingkungan sekolah yang telah dituju dan membuat siswa nantinya tidak berhenti di tengah jalan.”

Disusun Oleh: Team Jurnalistik SMKN 1 Ngasem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page