Peringati HUT KE-78 RI, SMK Negeri 1 Ngasem Ikuti Lomba Gerak Jalan Se-Kabupaten Kediri

JURNALISTIK SMEK1NG – SMK Negeri 1 Ngasem turut berpartisipasi meramaikan kegiatan lomba gerak jalan dalam rangka memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia yang diselenggarakan di Kantor Pemerintah Kabupaten Kediri, Rabu (9/8/2023).
Setiap tahun, Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar kegiatan untuk memperingati ulang tahun Republik Indonesia serta memperkuat nilai-nilai kemerdekaan, salah satunya lomba gerak jalan. Lomba gerak jalan ini merupakan event besar yang telah disiapkan sejak bulan Juli. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menanamkan rasa cinta tanah air, menanamkan rasa bangga sebagai warga Negara Indonesia, dan untuk meneruskan semangat juang para pahlawan. Peserta yang terlibat merupakan siswa-siswi tingkat SD/MI Sederajat, SMP/MTs Sederajat, dan SMA/SMK Sederajat se Kabupaten Kediri. Lomba gerak jalan tingkat SD/MI dan SMA/SMK dilaksanakan pada hari Rabu, 9 Agustus 2023. Sedangkan tingkat SMP/MTs dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Agustus 2023. Persyaratan yang harus dipenuhi dalam mengikuti lomba gerak jalan tersebut adalah mengirimkan minimal 1 regu yang terdiri dari 17 peserta dan 3 peserta cadangan, baik putra maupun putri.
Peserta yang mengikuti lomba diminta untuk berkumpul di Kantor Pemerintah Kabupaten Kediri pada pukul 12.00 WIB. Sedangkan upacara pembukaan lomba gerak jalan ini dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB. Rute yang ditempuh oleh peserta tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK Sederajat dimulai dari Jalan Soekarno-Hatta menuju arah barat, memasuki Jalan Kartini hingga perempatan Desa Sumber Doko, lalu menuju arah timur, memasuki Desa Gogorante, dilanjutkan menuju arah utara hingga Jalan Ketoprak (Desa Sukorejo), melewati Jalan Erlangga dan kembali ke garis finish. Sedangkan bagi peserta tingkat SD/MI, jarak tempuh diperkecil menjadi 2,4 km. Dewan juri dalam lomba gerak jalan ini adalah TNI, Polri, serta Dinas Pendidikan. Dalam lomba ini, kekompakan masing-masing regu menjadi kriteria utama penilaian.
Menurut Ibu Siti Hanik Choriroh, S.Pd.I., Gr., selaku pembina sekaligus pelatih lomba gerak jalan SMK Negeri 1 Ngasem, adanya lomba ini sangat bermanfaat bagi peserta didik. Di antara manfaatnya yaitu melatih kedisiplinan, kesabaran, dan saling berusaha memahami antara satu dengan yang lain, serta melatih kerjasama, kekompakan atau kebersamaan, dan sikap semangat tanpa menyerah. Ibu Hanik menambahkan, “Tujuan mengikuti lomba ini untuk menyemarakkan HUT RI yg ke-78, dapat mengambil hikmah dari sejarah perjuangan kemerdekaan RI, dan menghormati perjuangan para pahlawan.”
“Perasaan saya ketika ditunjuk (menjadi peserta perwakilan lomba gerak jalan), ya pastinya bangga, tapi di sisi lain saya juga harus serius untuk mengemban amanat tersebut,” ungkap Ramadhani, salah satu peserta Lomba Gerak Jalan dari SMK Negeri 1 Ngasem, “Untuk benefit pastinya kita dapat teman baru, fisik juga ikut terlatih dan paling utama kita bisa memeriahkan acara tersebut.”
Dari adanya kegiatan ini, Ibu Siti Hanik Choriroh, S.Pd.I. Gr. berharap, “Jiwa patriotisme dan nasionalisme dalam diri siswa bertambah kuat, sehingga bisa menjadi generasi penerus bangsa yang kuat dan siap secara fisik maupun non-fisik menghadapi tantangan zaman sekarang maupun yang akan datang, sehingga dapat membawa Indonesia lebih maju, aman, damai, dan sejahtera.” Di sisi lain, Bapak Sutomo Hariyanto, selaku panitia penyelenggara kegiatan menambahkan, “Harapan saya setelah diadakannya kegiatan ini agar peserta dapat membentuk watak yang suportif, jiwa patriotik terhadap tanah air, dan untuk meningkatkan disiplin diri.”

Ditulis oleh: Febriyan Krisjayanti (XI- Kuliner 2)
Disunting oleh: Resquena Bintan Maharani (XI- DPIB 2 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page