SMK Negeri 1 Ngasem Raih 2 Penghargaan 02SN SMK se-Jawa Timur

JURNALISTIK SMEK1NG – SMK Negeri 1 Ngasem berhasil meraih 2 penghargaan dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Provinsi Jawa Timur pada Selasa, (15/08/2023).

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) merupakan ajang lomba di bidang olahraga, yang meliputi lima cabang olahraga, yaitu atletik, karate, pencak silat, bulu tangkis, dan renang. Olimpiade ini digelar mulai tingkat kabupaten atau kota hingga tingkat nasional, dan diadakan rutin setiap tahunnya sejak 2018. O2SN sendiri diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), dengan dipanitiai oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang bertugas melakukan identifikasi, pengembangan, dan aktualisasi untuk menghasilkan peserta didik berprestasi di bidang olahraga.

Dalam O2SN SMK tingkat Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Kediri mengirimkan perwakilan untuk 4 cabang olahraga, yaitu atletik, karate, pencak silat, dan bulu tangkis. Perwakilan O2SN ini merupakan siswa-siswi dari beberapa SMK negeri maupun swasta di Kabupaten Kediri, salah satunya adalah siswa-siswi SMK Negeri 1 Ngasem. Pada O2SN SMK tingkat Provinsi Jawa Timur ini, SMK Negeri 1 Ngasem mengirimkan 4 siswa-siswi dalam 3 cabang olahraga, yaitu 1 atlet atletik putra, 1 atlet atletik putri, 1 atlet bulu tangkis putri dan 1 atlet karate putra.

Pemilihan perwakilan O2SN dari SMK Negeri 1 Ngasem ini bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, para atlet harus mengikuti sosialiasasi melalui pembelajaran olahraga, seleksi, serta pelatihan secara intensif sesuai bidang olahraga yang diikuti. Namun, proses yang tak mudah tersebut pada akhirnya membuahkan hasil yang membanggakan. Dalam O2SN SMK tingkat Provinsi Jawa Timur ini, SMK Negeri 1 Ngasem berhasil meraih 2 penghargaan dalam 2 cabang olahraga yang diikuti, yaitu juara 2 atletik putri atas nama Jesica dari kelas XII-TKJ 2, dan juara 3 karate dalam nomor komite atas nama Rafa Hero Raditya dari kelas XII-DPIB 3. Sebelum di tingkat provinsi, SMK Negeri 1 Ngasem juga berhasil meraih 3 penghargaan O2SN SMK tingkat Kabupaten Kediri dalam 2 cabang olahraga, yaitu juara 1 panca lomba atletik atas nama Aditya Firmansyah dari kelas XII-TPM 1, juara 1 bulu tangkis atas nama Alfina Dewi Nurlita Sari dari kelas XI-TKJ 1, dan juara 3 Bulu Tangkis atas nama Aldo Trio Yuliane dari kelas XII-TKJ 1.

Dari momen ini, Bapak Suki, sebagai pelatih sekaligus guru pengampu mata pelajaran olahraga di SMK Negeri 1 Ngasem, berharap bahwa O2SN sebagai kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap tahun, juga dapat diikuti oleh siswa-siswi lainnya (dari kelas 10 dan 11 SMK Negeri 1 Ngasem) di tahun-tahun selanjutnya, dan di jenjang yang lebih tinggi, mengingat bahwa O2SN ini merupakan ajang olahraga untuk para atlet pelajar di seluruh Indonesia.

Oleh: Rezquena Bintan Maharani (XI-DPIB 2), Widya Dwi Setyawati (XI-PF 2), dan Reni Jesiska Sari (XI-PF 2).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page