SMK Negeri 1 Ngasem Bentuk Karakter Siswa Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan P5

JURNALISTIK SMEK1NG – Siswa-siswi kelas 10 SMK Negeri 1 Ngasem melaksanakan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, Kamis (07/09/2023).

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang wajib dilaksanakan oleh sekolah-sekolah yang menggunakan Kurikulum Merdeka. Tujuannya, kegiatan P5 ini dapat membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, disiplin, kreatif, dan bernalar kritis. Berkaitan dengan hal ini, SMK Negeri 1 Ngasem turut melaksanakan kegiatan P5 pertama bagi siswa-siswi kelas 10.

Kegiatan P5 kali ini mengangkat tema “Gaya Hidup Bekelanjutan” dengan topik “Sampahku, Tanggung Jawabku” yang harapannya dapat meningkatkan kepedulian para siswa tentang kebersihan lingkungan yang sempat terabaikan, sehingga lingkungan sekolah yang ditempati menjadi lebih bersih dan asri, demi menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif. Perencanaan perwujudan tujuan kegiatan P5 ini disusun oleh beberapa koordinator kegiatan yang sebelumnya dibentuk, terdiri dari Wakil Kepala Bidang Kurikulum, dan beberapa guru yang bertugas menyusun modul-modul gelar karya yang harus dilaksanakan selama 2 minggu kegiatan P5. Sedangkan dalam pelaksanaannya, para siswa kelas 10 dibimbing oleh para guru pengampu mata pelajaran selama 2 minggu, dimulai pada tanggal 21 Agustus hingga 1 September 2023.

Selama 2 pekan P5, para siswa melaksanakan beberapa jenis kegiatan. Kegiatan pertama, siswa melihat, memantau, dan menganalisis masalah-masalah di lingkungan sekolah, serta merencanakan cara-cara mengatasi masalah tersebut dalam bentuk proposal. Kegiatan selanjutnya, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membuat berbagai alat kebersihan, diantaranya sapu, kemoceng, pengki, dan tempat sampah. Selain itu, siswa juga bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah, membuat komposter dan membuat poster dengan tujuan mengajak siswa lainnya untuk turut bertanggung jawab akan kebersihan sekolah. Pelaksanaan kegiatan P5 ini, berdampak positif bagi para siswa dan warga sekolah. Dari kegiatan ini, para siswa mulai memiliki jiwa kreatif dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Saya harap P5 ini sebagai awal untuk bisa meningkatkan kebersihan kelas maupun di luar kelas,” tutur Bapak Hasim Efendi, selaku salah satu koordinator kegiatan P5, “pada tema pertama tentang ‘sampahku, tanggung jawabku’, anak-anak bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, di rumah, di masyarakat, bahwa sampah itu bisa menjadi masalah kita yang nyata. Jadi, kalau tidak dibuang di tempat sampah, maka itu akan menjadi masalah bersama, tidak hanya yang membuangnya saja dan lingkungannya, sehingga harapannya, semua terlibat untuk bisa peduli terhadap lingkungannya. Membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungannya dengan baik, sehingga tidak muncul akibat yang kita terima nanti dari membuang sampah sembarangan atau hal yang kotor seperti banjir atau muncul penyakit-penyakit yang tidak kita terima.”

Penulis: Naya Rosita Hani (XII-TKJ 2)

Editor: Rezquena Bintan Maharani (XI-DPIB 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page