SMK Negeri 1 Ngasem Raih Penghargaan Lomba Penulisan Sejarah Kabupaten Kediri 2023

Dokumentasi oleh Panitia Lawatan Sejarah Kabupaten Kediri 2023

JURNALISTIK SMEK1NG – SMK Negeri 1 Ngasem berhasil meraih juara harapan 2 dalam Lomba Penulisan Sejarah “Lawatan Sejarah Kabupaten Kediri 2023” pada Kamis, (24/8/2023).

Lomba Penulisan Sejarah Kabupaten Kediri merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri guna menggali sejarah perjuangan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Kediri, serta diikuti oleh para pelajar tingkat SMA/Sederajat se-Kabupaten Kediri. Dalam lomba ini, peserta diwajibkan untuk menyusun karya tulis dengan tema “Peran Kediri dalam Kemerdekaan Indonesia.” Penulisan makalah ini dilaksanakan pada tanggal 20 Juli hingga 17 Agustus 2023. Selain Lomba Penulisan Sejarah, terdapat pula kegiatan Lawatan Sejarah Kabupaten Kediri Tahun 2023 bagi para peserta lomba yang dilaksanakan selama 3 hari, yaitu pada tanggal 22 Agustus hingga 24 Agustus 2023. Jenis kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan Lawatan Sejarah yaitu outbound pada hari pertama, kunjungan dan pemberian materi di situs-situs bersejarah Kediri pada hari kedua, dan presentasi bagi 10 pemakalah terbaik serta pengumuman pemenang lomba pada hari terakhir.

Dalam lomba ini, SMK Negeri 1 Ngasem mengirimkan 2 perwakilan lomba yang mengangkat subtema tempat penting dan peran penting tokoh dalam upaya perjuangan kemerdekaan Indonesia di Kediri. Pada Lomba Penulisan Sejarah ini pula, SMK Negeri 1 Ngasem berhasil meraih juara harapan 2 oleh salah satu perwakilan peserta, yaitu Ahmad Ferizal Wildan Susanto dari kelas XI Produksi Film 1.

Dalam perlombaan ini, Wildan merasa bangga atas hasil kerja kerasnya. Walaupun dalam penyusunan makalah miliknya, Wildan sempat mengalami beberapa hambatan, seperti sulitnya mendapatkan informasi yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan, sulitnya menyusun kalimat agar mudah dipahami dan sesuai dengan ejaan, serta kurangnya informasi mengenai cara penulisan makalah.

Namun, di balik tantangannya menyusun makalah, Wildan juga merasakan manfaat dari diselenggarakannya kegiatan Lawatan Sejarah Kabupaten Kediri kali ini. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para generasi penerus bangsa. Banyak pengalaman yang bisa didapat dari kita mengikuti kegiatan ini. Selain itu, ketika saya berbaur dengan banyak pelajar lain, saya jadi bisa menambah pengetahuan dan relasi dengan lingkup yang lebih luas,” tutur Wildan, “pengenalan terhadap sejarah-sejarah Kediri yang mungkin belum pernah saya dengar. Selain itu, saya juga mendapatkan pengalaman bagus tentang bagaimana presentasi dan penulisan makalah sejarah.”

Pada akhir sesi wawancara, Wildan berpesan, “jangan takut mencoba suatu hal, walaupun hal yang kita takuti sekalipun. Ralp Waldo Emerson pernah berkata, “lakukan hal yang kamu takuti, maka rasa takut itu pasti mati.” Kita tidak perlu memikirkan hasil, karena yang terpenting adalah perjuangan dan pengalaman.”

Oleh: Rezquena Bintan Maharani (XI-DPIB 2) dan Febriyan Krisjayanti (XI-Kuliner 2).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page