SMK Negeri 1 Ngasem Raih Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Kearifan Budaya Lokal 2023 di Kodim 0809 Kediri

JURNALISTIK SMEK1NG – SMK Negeri 1 Ngasem berhasil meraih penghargaan juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Kearifan Budaya Lokal 2023 tingkat kabupaten semi provinsi oleh Ahmad Ferizal Wildan Susanto, salah satu siswa kelas XI Produksi Film 1, pada Kamis (05/10/2023).

Lomba Karya Tulis Ilmiah Kearifan Budaya Lokal merupakan salah satu kompetisi yang diselenggarakan oleh Kodam V/Brawijaya dalam rangka memeringati HUT TNI  ke-78. Kompetisi ini diselenggarakan melalui seleksi di tingkat kecamatan, kabupaten/kota, hingga provinsi yang diikuti oleh para pelajar dan masyarakat umum di wilayah tersebut. Dalam kompetisi tingkat Kabupaten/Kota Kediri, Ahmad Ferizal Wildan Susanto, salah satu perwakilan Lomba Karya Tulis Ilmiah dari SMK Negeri 1 Ngasem berhasil meraih juara 1 dengan mengangkat topik mengenai Kearifan Lokal di Era Globalisasi. Karya tulis ilmiah ini ia kerjakan dalam waktu yang cukup singkat, yaitu selama 5 hari, dengan 1 hari proses pengambilan data melalui wawancara, dan 4 hari berikutnya untuk penyusunan makalah.

Hingga akhirnya, usaha keras Wildan dalam waktu yang singkat tersebut, mampu membawanya menjadi salah satu peserta dalam Upacara Peringatan Hari Jadi TNI yang ke-78 dan menerima penghargaan di Kodim 0809 Kediri. Dalam perjuangannya meraih juara, Wildan sempat pesimis akan keberhasilannya, karena keterbatasan waktu pengerjaan, dan minimnya informasi, serta kurangnya kepercayaan diri. Namun, di sisi lain, Wildan memiliki motivasi yang kuat untuk menepati goals, menambah pengetahuan, mengasah kompetensi, menambah portofolio, dan membanggakan diri sendiri, orang tua, guru, serta teman-temannya.  Hal ini berhasil mendorongnya meraih keberhasilan. Dalam kesempatan ini, Wildan berpesan, “mungkin kita ragu saat memulai sesuatu atau mengerjakan sesuatu. Namun janganlah menjadi orang yang kalah sebelum maju.”

Oleh: Widya Dwi Setyawati (XI-PF 2), dan Febriyan Krisjayanti (XI-KULINER 2).

Editor: Rezquena Bintan Maharani (XI-DPIB 2).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page