SMK Negeri 1 Ngasem Raih Juara 3 PPA Orienteering Competition Nasional 2023

JURNALISTIK SMEK1NG — SMK Negeri 1 Ngasem berhasil meraih penghargaan juara 3 dalam PPA Orienteering Competition 2023 tingkat nasional oleh Isna Ana Angger Alif, pada Sabtu, (30/09/2023).

PPA Orienteering Competition 2023 yaitu olahraga lari dengan navigasi peta dan kompas yang bertujuan menemukan titik tertentu secara urut dan cepat sesuai dengan peta yang telah ditentukan. Kompetisi tingkat nasional ini diselenggarakan pada tanggal 29 hingga 30 September 2023, berlokasi di Coban Rondo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, dan digelar oleh Instansi Mapala Ranti Pager Aji. Kompetisi ini diikuti oleh SMA/SMK, mahasiswa, dan militer. Kriteria penjurian PPA Orientering Competition 2023 sendiri dinilai melalui ketepatan titik pada peta dan perhitungan waktu tercepat.

Pada kompetisi orienteering nasional ini, Isna Ana Angger Alif, salah satu siswi SMK Negeri 1 Ngasem, berhasil meraih juara 3 kategori junior putri. Dalam usahanya meraih juara ini, Angger menjalankan proses latihan yang cukup keras, mulai dari jogging ke Puncak Gunung Klotok, hingga pernah mengalami cedera kaki kiri yang membuatnya sedikit menahan diri untuk memforsir latihan. Dalam kompetisi ini, Angger merasa bahwa performanya kurang maksimal. Namun, usaha keras tersebut terbayar ketika Angger berhasil meraih juara. Ia mendapatkan banyak pengalaman menarik selama berkompetisi, seperti dikejar kambing, dikejar babi hutan, hingga memanjat pohon sawit. Selain itu, Angger juga mengenal beberapa teman dari luar daerah ketika mengikuti kompetisi ini. Baginya, orienteering merupakan kegiatan yang sesuai dengan hobi dan kemampuannya, hingga membuat Angger berani mengikuti kompetisi tersebut. Selain juara 3 PPA Orienteering Competition 2023, Angger juga pernah meraih beberapa penghargaan dalam bidang yang sama, antara lain juara 3 dalam BBOC, juara 3 FORNAS Sumatera Selatan, juara 1 COC Bawana, juara 1 COC Aswana, juara 2 RBOC, dan juara 3 RPA.

Penulis: Widya Dwi Setyawati (XI-PF 2), Reni Jesiska Sari (XI-PF 2), dan Naya Rosita Hani (XII-TKJ 2).

Editor: Rezquena Bintan Maharani (XI-DPIB 2).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page