SMK Negeri 1 Ngasem Kembali menjadi Tuan Rumah dan Sabet 2 Penghargaan dalam Lomba Bulan Bahasa Sastra 2023 SMK se-Kabupaten Kediri

JURNALISTIK SMEK1NG — SMK Negeri 1 Ngasem berhasil meraih juara 1 lomba cipta puisi dan juara 2 lomba orasi kebangsaan dalam Lomba Bulan Bahasa Sastra 2023 yang diselenggarakan oleh MGMP Bahasa Indonesia SMK Kabupaten Kediri dalam rangka peringatan Bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2023, Sabtu (21/10/2023).

Kegiatan Lomba Bulan Bahasa Sastra yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMK Kabupaten Kediri ini telah dilaksanakan dua kali sejak tahun 2022. Dalam kegiatan ini, SMK Negeri 1 Ngasem telah terpilih menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan kegiatan selama dua tahun beturut. Hal ini karena lokasi SMK Negeri 1 Ngasem yang strategis dengan anggota MGMP yang tersebar di Kabupaten Kediri. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk media untuk mengekspresikan kemampuan dalam berbahasa. “Kegiatan Bulan Bahasa ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan kompetensi siswa. Jika kali ini untuk siswa, maka berikutnya harapan kami bisa meningkatkan kompetensi guru. Meningkatkan kompetensi dalam arti meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam bidang kemampuan berbicara, kemampuan berpikir logis dan kemampuan sastra. Semua yang ada pada kegiatan ini dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kompetensi siswa, baik lomba orasi, cipta puisi maupun karya tulis ilmiah,” jelas Bapak Aga Shakti Kristian, S.Pd., selaku ketua panitia Lomba Bulan Bahasa Sastra 2023 SMK se-Kabupaten Kediri.

Lomba Bulan Bahasa Satra 2023 ini dimeriahkan dengan lomba orasi kebangsaan, cipta puisi dan karya tulis ilmiah remaja (KTI). Dalam lomba orasi kebangsaan, SMK Negeri 1 Ngasem berhasil meraih juara 2 oleh Febriyan Krisjayanti dari kelas XI Kuliner 2 dan meraih juara 1 pada lomba cipta puisi oleh Naya Rurri Zalsya Sabilla dari kelas XI DPIB 2.

Naya Rurri Zalsya Sabilla, sebagai peraih juara 1 lomba cipta puisi, turut membagikan pengalamannya mengikuti kegiatan ini, “lombanya seru, sangat sistematis. Karena pengumuman sang juara diumumkan pada hari ini juga, jadi ada perasaan grogi dan gereget, ya. Saya mengikuti lomba cipta puisi ini karena saya suka menulis puisi. Saya suka menyampaikan kisah-kisah yang telah saya lalui melalui kata-kata yang indah dan saya ingin orang lain turut merasakan apa yang saya rasakan melalui kata-kata indah tersebut. Puisi-puisi yang saya tulis adalah bagian kisah hidup saya dan teman-teman saya. Menang atau kalah, setidaknya saya lega dapat menuangkan perasaan saya menjadi karya yang indah.”

Penyusun: Cindy Palupi (X-PF 1), Nayif Abbiyu Akmal Santoso (X-TKJ 3), dan Balqis Haruna Az Zahra (X-PF 1).

Editor: Rezquena Bintan Maharani (XI-DPIB 2).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page